Kualifikasi Euro 2016 (Bulgaria VS Italia)

 

MATCH

Italia bakal melakoni ujian sulit di Vasil Levski National Stadium, markas Bulgaria, dalam lanjutan matchday empat Grup H kualifikasi Euro 2016, Minggu (29/3) dini hari WIB. Kemenangan wajib diusung Gigi Buffon cs agar mempercepat kelolosan mereka ke ajang yang digelar di Prancis esok.

Italia saat ini berada di peringkat kedua klasemen Grup H di bawah Kroasia, dengan poin yang sama namun kalah rasio gol. Dengan sang rival berpotensi menang atas Norwegia di Zagreb, Gli Azzurri jelas haram kehilangan tiga poin di Sofia jika tak ingin terseok untuk lolos.

Namun persiapan jelang laga tidak berlangsung baik bagi Italia. Setelah gagal membawa Andrea Pirlo karena cedera, La Nazionale juga harus kehilangan tiga pemain dari 26 skuat yang dibawanya karena masalah yang sama. Mereka adalah Alessandro Florenzi, Manuel Pasqual, dan Claudio Marchisio.

Artinya Italia tak akan bisa menurunkan kekuatan terbaiknya dini hari nanti. Namun sang pelatih, Antonio Conte, harus percaya pada para pelapisnya, seperti Marco Parolo yang sedang brilian di Lazio. Belum lagi tiga debutan yang bisa mengisi kelonggaran di lini tengah, yakni duo oriundi Franco Vazquez dan Eder Citadin, serta Mirko Valdifiori.

parolo

Kabar gembiranya mungkin datang dari kembalinya Andrea Barzagli. Dengan kehadirannya maka komposisi lini belakang dalam skema 3-5-2 telah sempurna.

Sementara Bulgaria harus menjalani duel berat ini dengan kondisi yang tak maksimal. Valeri Bojinov cs sedang dalam masa transisi pergantian pelatih anyar, Ivaylo Petev yang menggantikan Luboslav Penev sejak Desember 2014 lalu.

Dari empat pertandingan yang sudah mereka lakoni di Grup H, Bulgaria tak bisa disebut memiliki rekor apik dengan hanya sekali menang dan imbang, serta menelan dua kekalahan. Meski lumayan baik dalam sisi pertahanan dengan kebobolan lima gol, lini serang negara asal Dimitar Berbatov ini masih tumpul dengan rerata satu gol setiap partai.

Namun dengan semangat dan motivasi baru dari pelatih anyar, bukan tidak mungkin Bulgaria malah sanggup memanfaatkan kondisi skuat Italia yang tak maksimal. Sejarah pertemuan dua tahun silam bisa dijadikan acuan, saat Negeri Kuntum Mawar bisa menahan Tim Biru Langit imbang 2-2, di Sofia. Di tambah dengan hadirnya Ivelin popov di lini depan, akan menambah daya gedor serangan Bulgaria.

Ivelin Popov

Potensi skor itu terulang besar terasa memang, tapi dengan mental juara yang sudah ditanamkan Conte pada anak asuhnya, angin kemenangan tetap berpihak pada Italia. Serta torehan rekor pertemuan dan hasil lima partai terakhir yg di lalui kedua klub, Italia masih menuai hasil lebih positif dari tim tuan rumah. Sanggupkah Italia meneruskan tren positif yg sudah mereka raih?

Line up
head to head
pertandingan terakhir

Leave a Reply